[GO!] Travel Blog - Solo Europe Trip November 2019 – [part 3] (Roermond (factory outlet) - Praha (otw jadi chicken nugget, dingin banget) – Milan (resto ada jam istirahatnya))

PART 3

Udah part terakhir nih kita dari perjalanan solo trip gue ke Eropa kali ini dan destinasi atau kota selanjutnya yang gue kunjungi yaitu, Roermond. Di mana Roermond? Jadi dia itu kota di Belanda yang dimana di situ ada factory outlet/designer outlet, tempat barang-barang branded dijual dengan harga yang biasanya lebih murah dengan harga di Indonesia. Banyak juga barang yang udah keluaran lama jadi harganya juga lebih murah dari di toko biasa (“lebih murah” karena gak se-murah itu sebetulnya hahaha) dan untuk foreigners bisa dapet VAT refund atau diskon tambahan. Jujur ke Roermond emang cuma sehari dan cuma buat ke factory outlet doang. Perkara karena sejalan sama ke Praha sih ke sini tuh dan kepo aja sama harga-harga barang di sini.

Jadi gue ke Roermond naik bis pagi dari Paris naik Eurolines dan sempet ganti bis di Brussel ganti ke Flixbus. Kalo di total sekitar 23 EUR.

Sore sekitar jam 5 udah sampe di Roermond dan langsung muter-muter di factory outlet dengan koper (sangat tidak efisien) karena penginapan gue di Roermond agak jauh dari factory outlet. Gue harus menggeret koper lagi dan lagi menyusuri Roermond Factory Outlet yang jalannya bukan aspal tapi batu-batu. RIP roda koper gueee :(. Dan waktu itu lumayan dingin udaranya sekitar 14-15 celcius. Malemnya makin dingin sampe sekitar 12 celcius.

Untungnya waktu gue sampe di factory outlet, malemnya ada semacam acara kembang api di bawah bianglala dan bagi-bagi minuman hangat gratis. Setelah menghangatkan badan sejenak dengan minuman gratis susu jagung yang enak juga ternyata, akhirnya baru mikir gimana cara gue ke penginapan karena itu udah lumayan malem sekitar jam 10 dan daerah Roermond gak kaya kota-kota besar, yang mana gak ada kereta ataupun Uber buat ke penginapan. Sebelumnya, gue emang udah research kalo gue bisa ke penginapan dari factory outlet naik bis dan bis itu ada sampe tengah malem. Tapi, tetep deg-deg an takut udah berubah jadwal akhirnya gue menunggu di pemberhentian bis pinggir jalan dengan jalanan yang sangat sepi hampir gaada mobil lewat buat nunggu itu bis. Nanya ke petugas deket factory outlet juga mereka gak bisa kasih jawaban itu bis bakal ada atau nggak. Mati lah gue. Tapi, bismillah aja sambil nunggu sendirian, sekitar 20 menit nunggu alhamdulillah itu bis lewat dan bisa bayar pake kartu Jenius karena gue gak beli tiket harian di Roermond ya karena kan gak lama juga di sana.

Untungnya emang gue nyari penginapan yang deket pemberhentian bis jadi waktu itu bis lewat gue kayak makasih Ya Allah bisa tidur di kasur hari ini. Harga tiket bis ke penginapan sekitar 5 EUR sekali jalan, memang agak mahal dibanding bis dalem kota lainnya. Tapi, waktu gue cek emang lumayan jauh dan jalannya beneran gelappp jadi kalo gue gak naik bis itu, gatau deh gimana cara gue ke penginapan. Tapi, di bis itu pun terbilang rame, karena banyak juga yang naik jadi gue agak tenang. Oiya, sebelumnya gue pun udah tanya ke penginapannya lewat chat apa ada transportasi ke situ di malam hari dan pas dia bilang ada bis, makannya gue ambil di sini.

Sampe di penginapan, udah tengah malem dan ternyata bawahnya dia itu kaya bar dan kamar gue di atas. Seperti biasa, mendapat tangga untuk ke kamar adalah sudah biasa jadi geret koper ke atas dengan tangga yang lumayan curam adalah tantangan yang mau gak mau harus aku suka. Penginapannya enak, bukan bangunan baru tapi sangat terawat dan bersih. Jadi modelnya kaya lantai atas setelah naik tangga, langsung meja makan dan dapur terus ada kamar-kamar dan kamar mandi. Kamar gue modelnya kamar loteng yang di atap tapi bersih dan lumayan gede. Ahhh akhirnya menyentuh kasur setelah perjalanan lumayan bikin deg-deg an hari ini. Self-check in karena gue emang bilang bakal nyampe tengah malem karena rencana emang cuma numpang tidur dan besok pagi balik lagi ke factory outlet sambil nunggu bis ke Praha. Jadi tinggal ambil kunci di tempat yang udah mereka infoin sebelumnya, mandi, dan tidurrrrr.

bisa dilihat daerahnya udah beda ama Roermond. Jaraknya sekitar 3km dari Roermond factory outlet

Besokannya, sampai waktu check out jam 12 siang, gue sarapan dulu di penginapan karena dapet sarapan roti dan susu yang lumayan banget buat ganjel perut.

Akhirnya jalan lagi ke factory outlet dengan koper lagi nunggu bis di depan penginapan yang sangat sepi dan bikin hepi karena seenak itu lingkungannya. Sekali lagi, jalan-jalan dengan koper sangat tidak asik dan gue sangat tidak merekomen ini hahaha gue pun gak mau lagi mengulang kesalahan ini dan kalian juga jangan ya… kalo bisa dan mau ke factory outlet usahakan one day trip aja dan gausah nginep atau ambil factory outlet di daerah atau negara yang kalian singgahi jadi gak perlu geret-geret koper di sana.

Setelah beli beberapa barang yang dititip, bis gue ke Praha sekitar jam 7 malem jadi bingung banget nunggu di mana.. mau nunggu di luar juga otw jadi human nugget si kalo kelamaan alias lebih dingin dari kemaren dan anginnya mantap pol kena muka berasa ditampol. Untungnya ada Mcd di dalem factory outlet itu jadi bisa buat tempat nunggu setidaknya tidak kedinginan di luar.

Akhirnya udah mau jam 7, jadi gue jalan ke tempat pemberhentian bisnya kaya di pinggir jalan gitu gaada terminal atau apapun itu bener-bener kaya bis parkir aja. Nah di Eropa emang banyak tempat berenti bis yang gak di terminal apalagi tempat turunnya dan biasanya di pertengahan jalan dari satu negara ke negara lain. Mereka akan berenti sejenak buat naikin penumpang lagi kalo ada (biasanya kalo di kota-kota kecil). Oiya dan imigrasi waktu kita ninggalin satu negara ke negara lain ada aja pemeriksaannya secara random gitu orang yang jaga border akan masuk ke bis dan minta paspor kita buat di cek. Tapi dalam perjalanan ini gak dapet si gue pemeriksaan paspor.

Dan hampir aja ketinggalan bis waktu tengah malem bis istirahat di daerah Essen, Jerman yang gue pun gaktau exact ada dimana dan gue turun buat beli Mcd di situ. Bener-bener gue salah liat jam kalo bis itu bakal istirahat sekitar 2 jam sampe jam 10:30 dan gue ngerasa itu masih jam 10 hahaha. Namun, untungnya abis gue beli Mc nugget dan makan di sana, gue memutuskan untuk balik ke bis saat gue ngerasa itu baru jam 10. Ternyata, itu udah jam 10:30 pas dan bis udah nyalain mesin tinggal jalan. Untungggg nya gue balik ke bis dan gak nunggu di Mcd. Kalo nggak, amsyong banget gue ketinggalan bis di daerah antah berantah dan gatau lagi mesti gimana karena itu udah tengah malem.

Jalan lagi naik bis sambil ketawa kecil karena hampir aja gue melewatkan bis dan mengalami ketinggalan transportasi.. Tiket bis dari Roermond ke Praha sekitar 38 EUR.

Akhirnya gue sampe di Praha yang memang jadi tujuan gue ke Eropa lagi selain ke Barcelona sekitar jam 8 pagi. Wahhh ternyata Praha dinginnya maksimal alhamdulillah dapet pengalaman ngerasain udara minus. Pas sampe tuh -1 derajat dan gue harus naik kereta ke arah hostel dan jalan buat naro koper dulu karena belum bisa check-in. Untungnya dari pemberhentian kereta ke hostel gak terlalu jauh, bisa cuma jalan 5 menit. Tapi ya lumayan menggigil ya.. Rencana mau langsung jalan-jalan di Praha, agak di postpone 2 jam nunggu udara angetan, jadi gue mulai jalan sekitar jam 10an.

penampakan lobby hostel-nya

Beneran deh Praha secantik itu kotanya. Walaupun hari pertama dipenuhi kabut dingin, gak nyembunyiin kecantikan kota ini. Bangunannya rata-rata dari bata merah dan jalanannya juga. Jadi, emang agak berat buat jalan karena berasa pake sendal kesehatan yang melancarkan aliran darah. Praha memang kota tua yang bagus dan terawat. Ya memang ada di beberapa bagian tetep ada sampah dan terlihat kumuh tapi udara dingin dan kabut bikin itu gak jadi soal.

Walaupun jam 10 pagi pun di Praha sedingin itu, sampe ngebatin dalem hati bisa gak nih gue keluar jalan-jalan. Waktu cek aplikasi cuaca, tetep masih -1 derajat aja tapi tetep sikat lah kapan lagi jadi nugget berjalan.

Praha

Wenceslas Square

Ternyata hostel gue deket sama Wenceslas Square ini, jadi jalan 3 menit udah sampe di sini. Jadi, square ini merupakan salah satu yang terbesar di Praha dan emang jalanannya gede dan lebar banget serta banyak banget orang lalu lalang karena banyak toko dan tempat yang bisa didatengin di sekitar sini, ada museum, hotel, dan banyak monumen yang bisa dilihat. Terlihat dari banyaknya rombongan anak-anak yang lagi study tour dan juga turis. Dan mengingat udara yang dingin banget jadi foto bentar, lanjut ke tempat selanjutnya.

gak lupa jajan kopi dulu

dan jajan trdelnik yang banyak dijual disepanjang jalan

Old Town Square, Praha

Setelah itu gue ke Old Town yang di sana ada city hall, Tyn Cathedral, Astronomical Clock dan bangunan-bangunan lama yang masih terawat sampai sekarang. Karena gue sangat mengagumi jalanan Praha, gue memutuskan jalan dari Wenceslas Square ke Old Town ya sekitar 15 menit jalan walaupun harus berusaha kuat menahan dingin. Bagus banget itu aja yang gue bisa bilang dari Praha. Kotanya tenang dan udaranya adem mengarah ke dingin banget si tapi bisa dimaklumi dan terlupakan mengingat kotanya bagus. Tapi, sayang waktu ke sana emang agak berkabut tapi gak mengurangi kecantikan ini tempat. Gue cuma jalan-jalan di sekitaran old town square ngeliatin orang lewat dan memanjakan mata, foto-foto dikit, dengerin kakek nge-jam di pinggir jalan pake saxophone, dan motoin orang. Gak lupa beli tumbler starbucks buat koleksi pas gue liat ada gerai Starbucks di sini.

Prague Castle

Selanjutnya, gue memutuskan buat ke Prague Castle yang letaknya agak di atas dan harus nyebrang sungai jadi gue ke sana naik tram No. 22 turun di stasiun Prague Castle. Kalian harus coba sampe ke atas dan lihat pemandangan kota Praha dari atas Prague Castle, cakepppp!.

Charles Bridge

Abis itu, tujuan terakhir di hari ini karena badan sudah mulai gak kuat saking dinginnya padahal masih pengen explore Praha, yaitu Charles Bridge. Sebenernya, rute dari tujuan pertama sampe Charles Bridge ini sejalan dan bisa jalan tapi karena dingin banget itu, gue memutuskan untuk naik tram sambil ngangetin badan dalem stasiun. Charles Bridge hari itu lumayan rame. Banyak turis dan orang yang lewat dan juga karena ada jalanan yang jual merchandise Praha di sekitar situ. Gue cuma jalan nyebrang Charles Bridge ini sambil ber “wawwww” ria karena sebagus itu. Aduh gatau deh berapa kali gue mengagumi kota ini dalem hati. Kalo kalian tipe yang pengen memanjakan mata dan daerah tenang, Praha bisa jadi pilihan kalian.

Setelah muter-muter sekitaran Charles Bridge, gue memutuskan untuk balik ke hostel naik Uber dan karena waktu udah bisa check-in. Pengen rebahan dan mandi. Agak nyesel cuma 2 hari semalem di Praha. Doain mungkin next ke sana bisa lamaan ya explore kota ini. Tadinya malem ini pengen keluar lagi tapi badan udah capek banget dan besok siang udah harus lanjut ke kota terakhir yaitu, Milan.

Pas masuk kamar, agak kaget karena ternyata kamarnya gede banget dengan ada 3 kasur dan tembok yang sangat colorful. Padahal gue cuma pesen 1 kamar buat 1 orang. Awalnya agak takut aja si ini kasur mau diapain orang gue cuman sendiri tapi kalo ke luar negeri biasanya keberanian dateng sendiri dan lebih tepatnya kepepet keadaan mau gak mau harus berani.

Praha – Milan

Dari Praha gue akan lanjut ke kota terakhir yaitu Milan naik bis DB yang transit di Munchen. Harga tiket bis dari Praha ke Milan sekitar 45 EUR

tiket DB emang semuanya dalam bahasa Jerman jadi selama ada tempat berangkat, tujuan, jam dan harga yang bener, aman

tak lupa bekalnya indomie seleraku

Dari terminal bis di Praha bis jalan sekitar jam 2, Praha hl.n. (Autobusová St.Wilsonova) perjalanan sekitar 5 jam untuk sampe ke Munchen ZOB. Sampe di Munchen ZOB sekitar jam 7 malem tapi gak kemana-mana cuma nongkrong di McD karena kita bawa koper gede dan sendiri. Dari Munchen gue lanjut naik flixbus buat ke Milan jadi pindah bis. Tenang aja di sana sign-nya dan alamat udah tertera di tiket. Tapi, kalian harus pastiin juga karena flixbus itu tempat berentinya suka di pinggir jalan bukan di dalem terminal. Jadi, pastikan kalian naik bis yang bener ya. Dan jadwal mereka bener-bener on time jadi jangan sampe telat ya. Dan karena mereka biasanya berenti cuma sebentar jadi jam departure bener-bener berangkat itu bis. Sama lah kaya kereta juga gitu. Di jadwal gue berangkat dari Munchen jam 11 malem. Dan karena rata-rata terminal di sana udah enak dan gede, jadi bisa buat tempat nunggu. Tapi karena dingin dan terminal mereka itu biasanya semi outdoor jadi anginnya semriwing banget kalo nunggu bahkan di dalem terminal. Jadi, setelah anginnya menusuk tulang, pindah ke McD untuk nunggu bis.

Milan

Sampe Milan kayaknya udah jam 7an gitu karena agak macet di jalan. Seperti biasa kalo bawa koper gede, biasanya gue naik Uber buat ke hotel. Sampe hotel, di Hilton Garden Inn yang ternyata dapet rate lumayan murah untuk sekelas Hilton ya cuma 800rb untuk kamar 2 orang dan karena udah kota terakhir jadi gue pilih yang beneran bisa nyaman aja buat tidur dan mandi. Emang lokasinya agak di dalem gang (tetep deh di sana suka aneh-aneh lokasi hotelnya tuh) tapi kamarnya lumayan banget karena kali ini beneran hotel bentuknya. Gue sampe jam 8an dan tanya bisa early check-in atau nggak karena udah mau remuk banget ini badan selalu tidur ayam di bis dan bisa tanpa kena biaya wiiiihh manteppp. Rebahan bentar dan mandi, gue memutuskan untuk lanjut explore Milan sambil cari makan siang.

Awalnya gue gaada niat mau ke Milan karena denger-denger kan kotanya kurang aman ya dan gue jalan sendiri. Selain itu, gak ada juga tempat yang mau gue datengin banget di Milan tapi karena tiket pesawat pulang gue dari Milan, jadi mau gak mau harus singgah  dan ternyata tidak se-serem kata orang-orang ya. Tapi emang kotanya gak sebersih itu dan banyak tunawisma berkeliaran di sepanjang jalan maupun di sekitar tourist attraction.

Untungnya hari ini gue janjian sama temen yang lagi ambil S2 di Milan jadi dia akan ajak gue jalan-jalan. Sebelum jalan, ada coffee shop kecil depan hotel jadi gue mencoba latte-nya dan satu kue buat ganjel. Harga kopinya sekitar 3 EUR dan kuenya 2 EUR jadi total 5 EUR. Enak si latte-nya ya dan kapan lagi minum kopi di Itali ya kan.

Perjalanan pertama gue di Milan dimulai ke Duomo of Milan. Ini sebenernya Cathedral tapi ya dijadiin tourist attraction juga dan emang ada square-nya karena luas dan cocok buat orang foto-foto. Gue cuma foto di depannya aja seperti biasa dan gak masuk. Dari depan aja udah bagus banget bangunannya. Dan di sini kayaknya tiap hari dan hari apapun pasti rame. Karena emang bener-bener spot turis dan letaknya ditengah jadi gampang kemana-mana dan enak buat tempat janjian. Dari sini tinggal jalan 5 menit-an bisa ke Galleria Vittorio Emanuele II yang banyak tempat brand-brand mahal membuka store-nya di Milan dan atapnya yang terkenal itu.

Duomo of Milan

Galleria Vittorio Emanuele II

Selain itu, bisa lewatin Leonardo da Vinci Museum, Apple store plaza del Liberty, Castello Sforzesco di Milano, Arco Della Pace, dan Monument Giuseppe Garibaldi. Selain itu, gue juga menyempatkan ke store Starbucks Reserve pertama di Italia yang baru buka tahun 2018 dan bagus serta gede banget tempatnya. Waktu gue ke sana tahun 2019 aja rame banget.

Waktu jalan mau cari makan malem, naik subway dan memutuskan lagi untuk mencoba kopi di Itali, kali ini beli di coffee machine dalem stasiun aja yang katanya enak juga, nama brandnya Lavazza dan cuma 0,9 EUR dan enak beneran, gak kalah sama kopi pertama yang gue coba di coffee shop. Tapi emang cup kecil aja si untuk harga segitu.

Abis itu jalan lagi ke daerah Porta Genova mau cari makan yang Itali banget dan terkenal sama sungainya itu. Sampe sana jam 6an ternyata rata-rata resto nya tutup karena kebanyakan resto Itali akan ada istirahat dari jam 5-7 malem baru dia buka lagi. Haduuuu akhirnya jalan-jalan aja disitu dan emang masih sepi banget jam segitu.

Akhirnya temen gue ngajakin makan pizza yang "Itali" banget dan enak, nice try dulu siapa tau sampe sana udah buka karena harus naik kereta lagi ke sana. Ternyata sampe sana mereka masih istirahat dan belum buka lagi bahkan keliatan dari luar, staff-nya lagi makan dan nonton tv. Sepertinya oke kalo kalian mau nyari kerjaan yang work life balance di Itali hahaha. Udah laper pake banget dan kayaknya gak bisa nih nunggu jam istirahat mereka sampe jam 7 karena kita abis jalan berkilo-kilo. Akhirnya gak jadi nyobain pizza asli itali hikss hikss dan akhirnya memutuskan makan kebab yang porsinya segede pentungan baseball. Wah kenyang banget asli alias masih bisa dibungkus itu kebab.

Besoknya, hari terakhir di Milan dan penutup Solo Europe Trip gue kali ini, mau nyobain pizza terkenal di Milan, Pizza Spontini yang satu slice-nya aja ukurannya gede banget. Untungnya nemu store-nya deket Duomo jadi sebelum ke bandara, gue beli ini dulu dan selain gede dia emang enak si mungkin karena fresh selalu baru dibikin. Satu lagi yang biasanya kalo di Indonesia gak pernah beli tapi selalu gue beli pas di Eropa, yaitu Coca Cola. Cola di sini lebih enak menurut gue karena gak terlalu manis tapi soda nya berasa.

Yah udah segitu aja cerita gue untuk perdana solo trip ke Eropa kali ini. Banyak ceritanya yang gue alami sendiri tapi satu hal yang gue belajar dari trip ini adalah JANGAN KEBANYAKAN DI JALAN LAGI LAH LAIN KALI karena tidur di bis itu kurang recommended dan gak usah terlalu ambi untuk ambil negara-negara yang jauh hahaha. Tapi kalo gak gini, kita gak ke Barcelona dan gak penasaran lagi sama Plaza Cattaluna yang dibilang Fariz RM hahaha. Untuk next—nya mungkin gue akan lebih memilih ke Eropa timur dan explore kota-kota tua yang tenang dan cantik ya.

See you di perjalanan selanjutnya, peeps!!!