[GO!] (11-13 Maret 2017) Day 2 Singapore (Kondangan di Singapore, hindari Mustafa Center saat waktu ini, Garden by The Bays lagi)

DAY 2

Di hari ke-2 ini, pagi hari nya yang merupakan tujuan utama gue kesini yaitu, dateng ke kondangan :). Yes, ini menjadi pengalaman pertama gue dateng nikahan orang di luar negeri, ya walaupun Singapore masih Asia Tenggara juga yang notaben nya punya kultur yang hampir sama kaya di Indonesia, tapi banyak juga pengalaman baru dan budaya baru yang gue liat dari acara nikahan di Singapore. Karena mempelai dua-dua nya Melayu, jadi lebih ke Melayu / Malaysia kultur sih menurut gue.

Jadi, sama kaya di Indonesia, disediain buku tamu dan souvenir buat yang baru dateng dan makanan prasmanan serta tempat duduk.






Yang berbeda, disini orang tua mempelai yang nyambut para tamu, jadi mereka gak di pelaminan tapi di gerbang depan waktu nulis buku tamu. Jadi, perayaan perkawinan ini lebih kepada perayaan orang tua yang ngundang temen temen serta kerabat nya gitu (sama sih ya kaya disini, yang nikah siapa, yang paling banyak nyebar undangan siapa wakaka) #bukanpengalamansaya #tapiseringdengerceritaaja


Selain orang tua yang gak di pelaminan, ternyata dalam kasus nikahan yang gue datengin ini, mempelai yang nikahan pun gaada di pelaminan (alias pelaminan itu kosong walaupun tamu uda pada dateng) #lah.


Jangan sedih, ternyata itu biasa kok kalo di sini, dimana mempelai gak ada di pelaminan saat acara perayaan mulai. Yang penting, orang tua mempelai yang punya acara nyambut para tamu. Dan seperti kebanyakan acara nikahan yang di adain dirumah, acara nya dimulai dari pagi sampe pagi lagi (hahaha ya nggak dong, nanti gimana malam pertama nya) maksudnya dari pagi sampe sore.

Jadi, di hari itu ada 2 perayaan, yaitu dari pihak cewek dan cowok. Kebetulan gue dateng ke perayaan yang dari pihak cowok, sedangkan pengantin nya di pagi hari ada di acara pihak cewek dan siang ke sore nya, pengantin akan pindah ke acara pihak cowok untuk duduk di pelaminan nya.

di siang hari, akhirnya pengantin nya dateng
Sebelum itu, pengantin akan kaya di arak gitu dari mobil pengantin sampe ke pelaminan pake semacam Tanjidor jembrang jembreng~ dan sekelompok cowok cowok main rebana.




Jadi, perayaan pernikahan disana lebih kepada perayaan orang tua dari masing-masing mempelai. Para orang tua biasanya yang harus hadir dan nyambut tamu tapi pengantinnya mah nggak. Sebenernya hampir sama kaya disini, udangan 500, 100 buat temen anaknya, 400 nya temen bokap nyokap nya hahaha #reality. 
Tamu nya pun gak ada yang nyinyir karena dateng ke nikahan tapi pengantin nya gak ada. Yang penting ketemu orang tua nya dan MAKAN!! HAHAHA. Di kalangan orang Singapore Melayu juga harus dan pasti ada makanan prasmanan yang disediakan buat tamu setelah ketemu sama orang tua si pengantin. Mereka pake catering juga yang akan nyediain makanan nya. Tapi, disini waiters nya kaya anak-anak kuliahan yang nyari uang tambahan alias masih anak piyik piyik gitu dan cuma pake kaos, jeans dan sneakers.




Satu hal lagi yang pertama kali gue liat yaitu, teko ini :



Awalnya hampir aja gue mau nuang ini ke gelas buat minum, alias gue kira ini air putih yang disediain. Karena emang tiap meja di kasih ini. Tapi ternyata, ini itu buat ini gaesss :


aer kobokan gaesss
Yapp!! Ini semacam aer kobokan gaesss hahaha. Untung aja belum gue seruput ni aer. Jadi, karena tamu nya banyak yang makan pakai tangan, jadi disediain air cuci tangan ini buat yang tangannya kotor bisa langsung cuci. Ya kan mana Velove tau ya hahaha. Yak untung aja aer kobokan ini gak masuk perut gue.



Setelah makan dan mengamati perayaan pernikahan yang gak selesai selesai ini, gue dan nyokap beserta beberapa temen nyokap mutusin untuk jalan jalan lagi muterin Singapore. Kita mau ke Garden by The Bay sajaaa.

Cara ke Garden by The Bay :
Naik MRT Jalur Merah, turun di stasiun Marina Bay (NS27), keluar di Exit A dan lanjutkan dengan naik bus No. 400 (4 pemberhentian), turun di Marina Gardens Drive.
credit : travelawan.com


Malem nya abis dari Garden by The Bay, kita memutuskan untuk ke daerah Little India yaitu mau ke Mustafa Center buat beli oleh-oleh. Ini dia awal dari perkara ke daerah Mustafa. Keluar MRT, naik escalator, sekitar jam 7 malem, dan kaget langsung ngeliat semua orang India & Bangladesh keluar tumpah ruah di jalan. Sumpah itu kaya lo melawan arus dikerumunin orang-orang itu kaya Walking Dead cuy. Sampe nyebrang pun harus dibantuin polisi karena se-rame itu sampe tumpah ruah di jalan. Itu gue berasa ngelawan arus di Ancol. Beuh udah itu pengalaman terburuk sepanjang masa ke Mustafa. Jangan pernah ke daerah Mustafa saat hari Sabtu apalagi malem-malem. Sampe gak sempet foto saking berasa terancam nya hahaha #lebay. Langsung abis dari Mustafa, pulang karena gak kuat liat kerumunan orang - orang itu.


Setelah itu gue sempetin ke Mall di Tampines, beli Boost Juice Bars ini yang booth nya gak pernah sepi.




Abis itu, makan lagi aja dong gue, yang katanya Roti Cane nya enak disini. Deket banget sama Apartment tempat gue nginep alias disebrang nya. Harga nya juga gak mahal dan beneran aja enak bgt bumbu kari nya #nyum.











Selesai lah perjalanan gue di Singapore hari ini, berangkat ke Airport untuk pulang. Karena gue mempunyai jadwal yang beda sama nyokap, so gue jalan ngalor ngidul sendirian setelah check in di Changi. Dan ini yang gue dapatkan, jajan jajan dan jajan ahhaha.



Dan ada satu yang menarik, toiletnya ada khusus buat make up atau mereka kasih nama "Powder Room" full dengan kaca yang ada lampu nya kaya punya Mba KD gitu, waw amazing.



sampai ketemu di negara dan kota selanjutnya gaessss. Eropa ya abis ini!!! ;p

No comments:

Post a Comment