[REVIEW] Jerman (Munich) 1 hari di Hotel Daheim (agoda.com) kamar luas (banget), good breakfast, agak berisik, bangunan lama, lingkungan agak serem

Penginapan di Munich (Hotel Daheim)

Alamat :
Schillerstreet 20, Hauptbahnhof, Munich, Germany 80336 





Stasiun terdekat :
München Hauptbahnhof 


Biasanya cara gue cari hotel/penginapan di suatu negara adalah harus yang deket sama transportasi, baik itu kereta ataupun bis. Dan, pas di Munich ini tanpa tau daerahnya, gue pilih karena lumayan murah dan deket banget sama stasiun central nya Munich (ada bis, kereta, tram, lengkap deh pokoknya) yaitu München Hauptbahnhof  atau Munchen Hbf. Tinggal jalan 400 meter-an uda sampe. Nah tapi yang gini-gini yang fishy bikin deg-deg an jeng jeng jeng. 

Dari terminal bis Munich, naik apa ke hotel?;
Karena di Jerman gak semahal di Swiss, dan kita bawa koper gede-gede, dan jarak ke hotel juga gak terlalu jauh, kita mutusin naik Uber dari terminal bis München ZOB (Hackerbrücke) ke hotel. Perjalanan cuma sekitar 10 menit dan tarifnya sekitar 10 euro. Ya lumayan kan daripada geret-geret koper di tram. Tapi, perhatikan peta nya ya, biasanya itu stasiun nya gede banget dan banyak exit nya, ada yang diatas dan dibawah, untuk memastikan, chat aja supir Uber nya yang kece-kece itu, pastiin mereka di lantai berapa. Karena waktu di Munich ini gue sempet salah, gue nunggu di bawah, eh dia taunya parkir diatas yang ternyata emang ada jalan juga (kan jatohnya jadi kaya Dumb and Dumber ya). 

*tips dari Masternim: Saat kalian baru dateng ke suatu negara dan bawa koper gede-gede, gunakan lah Uber, sumpah sangat membantu daripada kalian nyasar-nyasar di stasiun dan geret-geret koper ganti tram. Memang agak lebih mahal tapi lebih efisien. Dan pasti langsung dapet kok kalo Uber di Eropa, peta nya sangat akurat, dan kalo kalian anak soleh biasanya dapet abang Uber yang ganteng dan mobil yang bagus. Hahaha.

Lingkungan sekitar hotel;
Karena lingkungannya gak seperti yang gue bayangkan, walaupun uda lihat review nya di Agoda dan booking.com tetep aja gak ngebayangin kalo lingkungannya se-serem ini hahaha. FYI, ini kayaknya daerah imigran, walaupun deket sama stasiun central nya, tapi ini daerah yang jarang banget orang Jerman nya. Rata-rata black-people dan Arabian yang bisa dipastikan mereka rata-rata imigran. Dilihat juga dari banyaknya restoran ArabTurki dan India disini. Haduh, dan tiap kita mau jalan ke stasiun nya, kita harus melewati satu jalan yang penuh sama orang.

Rame nya itu pake banget, semua orang pada di jalan entah cuma nongkrong atau diri-diri aja depan toko, kurang paham mau ngapain orang-orang itu. Mereka gak rese sih, gak ganggu sama sekali, tapi they starring at you (si orang hitam yang bener bener pekat,tau kan) lah kan tetep serem ya. Dan gue tau mereka gak bakal ngapa-ngapain juga sih tapi tetep parno aja. Hati-hati aja pokoknya ya.

Tapi, disamping itu, ada aja hikmah nya kan ya, karena rata-rata disini resto India, Arab dan Turki jadi makanannya banyak yang halal. Mulai dari Kebab sampai nasi Briyani yaampun enak banget dan porsi nya banyak bisa buat berdua.

Kelebihan hotel ini;
Menurut gue harga nya lumayan terjangkau per-hari nya, uda termasuk sarapan yang lumayan enak (full breakfast, tapi gaada nasi goreng ya kaya di Bandung hahaha). Dan enaknya sarapan disini (dan di negara lain di Eropa yang gue datengin) itu selai coklat disini kan Nutella ya, yang kalo di Indonesia itu lumayan mahal, disini bisa ambil sepuasnya, alias kita bungkus dong buat dirumah hahaha.





Selain itu, kamar nya gedeee banget, gak nyangka segede itu, bisa naro koper dan belanjaan dengan leluasa. Bahkan kita kemarin dapet yang tiga kasur. Super luas!





ya walaupun tipi nya cembung, tapi gak ditonton juga sih

Dan ada lift nya tenang aja, walaupun kaya lift tahun 80an alias pintu nya gak otomatis kebuka hahaha (alias self service buka pintu lift ya) saking tua nya gue rasa. Baru kali ini naik lift berasa di drama, uda sampe lantai nya tapi pintu lift nya gak kebuka, lah kan panik ya tapi ternyata buka nya manual ada gagang pintu nya, duh Maliiihhh untung belom sok-sok minta tolong (berasa di drama beneran). Dan lokasi nya deket banget ke tempat tram dan bis, cuma jalan 400 meter ngelewatin satu jalan, uda langsung sampe.

Kekurangan hotel ini;
Yang pertama, menurut gue wifi nya yang cuma ada di  bagian receptionist yang ada di lantai bawah, untungnya kita bawa wifi router. 
Kedua, lingkungan nya yang kaya gue jelasin diatas, kurang oke dan berisik tapi deket ke tempat transportasi.
Ketiga, bangunan nya tua banget, biarpun gede kamarnya, semuanya terlihat tua (mulai dari receptionist sampe interior kamar), untungnya bersih jadi gak masalah. Kalo kalian pernah nonton film tahun 80an dan scene nya di hotel atau rumah pada saat itu, nah kaya gitu uda keadaannya. Keren sih buat kalian yang suka hal-hal vintage.

Biaya;
Gue pesen via Agoda, total 1 hari nginep disini (sudah termasuk sarapan) adalah Rp. 919.722 pembayaran pakai Credit Card. Ini sedikit lebih murah dari booking.com yang seinget gue hampir Rp. 950rb an / hari. Ini uda termasuk harga agak mahal untuk ukuran hotel bintang 2 kaya gini karena gue pesen agak mepet (gue jalan bulan Mei dan baru booking sekitar pertengahan April)


*tips dari Masternim: selalu bandingin harga via booking.com atau agoda.com maupun beberapa web lain ya kalo kalian uda ketemu hotel yang kalian mau, biasanya ada aja yang lebih murah dan promo. Yang pasti harus sabar dan tekun mencari harga termurah karena pasti ada, semangat!

Rate: 7/10

Makasih yang uda baca, semoga bermanfaat. Kalau masih ada yang bingung bisa comment ya :)

Kalau yang mau ke Korea, bisa liat itinerary maupun tips saat gue kesana disini ya:

Jalan jalan di Korea Selatan

No comments:

Post a Comment