[GO!] (11-13 Maret 2017) Day 1 Singapore (Tampines, Pasar Tradisional di Singapore, taman untuk foto ala-ala di Singapore)

DAY 1 



Halo halo sudah lama tidak bersua di blog ini hahaha. Kebetulan kemarin ke Singapore sebenernya mau dateng ke acara nikahan aja namun sekalian aja short getaway ala ala yakan dari pekerjaan alias cuti sehari aja. Gak pake hostel karena numpang dirumah yang punya hajat :p jadi sangat sangat menghemat. Kebetulan letak apartment nya di daerah Tampines (gak jauh dari Changi, tapi lumayan jauh dari kota). Kalo di sini kaya BSD atau Depok gitu kayak kayaknya (sotoy). Jadi, di trip ini gue lebih explore daerah Tampines (mulai dari ke pasar tradisional sampe mal nya), budaya dan tradisi acara pernikahan di Singapore (yang ternyata banyak hal yang baru pertama kali gue liat hahaha), Garden by the Bays dan beberapa ngalor ngidul kejadian ada ada aja di daerah Little India (kenapa daerah ini horror banget sih ya, terutama buat gue hahaha). So, lets start it!!! 

Bawa SGD berapa kesana? Nuker SGD dimana?
Sekarang bekal kesana lumayan sombong lah ya, gak kaya yang kemarin bener bener jadi fakir dengan 30SGD hahaha. Untuk trip kali ini, gue tuker SGD sekitar 2jt Rupiah dengan rate 1SGD = 9.455. Jadi gue bawa SGD sekitar 210SGD, rate nya lumayan bagus karena nyokap nuker sehari sebelum gue dengan kurs 1SGD = 9.520. Kalo yang pemburu Money Changer dengan rate bagus pasti tau tempat ini, yang letaknya ada di ITC Kuningan. Kebetulan karena kantor deket Mall Ambassador dan ITC Kuningan, sehari sebelum berangkat cus langsung tuker SGD kesini. Nama tempatnya PT. Valuta Artha Mas ada di Lantai 1 ITC Kuningan (bukan di Mall Ambassador nya ya). Langsung tanya Satpam aja kalau kalian gak mau tawaf di ITC Kuningan karena tempatnya lumayan terpencil hahaha.

Sampe di Changi, naik apa ke Tampines?
MRT : Pindah jalur di Tanah Merah, turun di Tampines Station (0.5-1SGD)
Taxi : Cari Taxi Stand di Changi, kasih alamat, langsung dianter sampe tujuan (11SGD ke daerah Tampines)



Karena Tampines itu gak jauh dari Changi, jadi gue disarankan untuk naik taksi aja, kalo naik MRT sekitar 2/3 stop dari Changi, pindah jalur di Tanah Merah. Tarif naik taksi nya cuma 10-13SGD katanya (cuma iya cuma aja katanya mah) untuk perjalanan sekitar 10 menit saja. Yup, karena naik MRT agak ribet pindah-pindah nya dan karena bawa koper, jadi gue memilih untuk mengikuti saran orang tua aja untuk naik taksi daripada durhaka (padahal kalo naik MRT paling kena 1SGD hahaha). Namun, sekali lagi karena gue juga gak mau kejadian nyasar di Ferrer Park Station terulang lagi karena tidak adanya internet, akhirnya naik taksi dari Changi yang gampang banget buat dicari. Turun imigrasi, langsung cari papan "Taxi Stand" dan taksi akan datang dengan seketika seperti tukang parkir Ind*mar*t yang tiba tiba ada.


*Tips from Masternim : Oiya, kalian pasti akan watir dan membandingkan SGD dengan Rupiah waktu kalian bayar makan atau belanja di Singapore, hilangkan aja perasaan itu gue sarankan, karena pasti kalian akan nyesek beli Mineral Water 600ml harga 1,8SGD atau sekitar Rp. 15rb ahahha. Kalo kebanyakan mikir, yang ada malah puasa nanti hahaha.

Karena ogah rugi, ambil flight paling pagi yaitu jam 6 pagi dari Jakarta dan sampe di Tampines kira-kira jam 10 pagi, langsung diajak untuk ke pasar Tradisional nya. Apartemen yang gue tumpangi ada di blok 464, nah gak jauh dari situ, ada pasar nya. Selain pasar, ada semacam food court yang jual macam-macam makanan. 

Tarif transportasi di Singapore berapa sih per hari?
Nah ini dia nih yang bikin sangat mudah nya jalan-jalan di Singapore. Yup, MRT. Kemana-mana tinggal cari stasiun terdekat, cari stasiun tujuan, jalan sampe pegel buat pindah stasiun hahaha. Kalo gue selalu ngitung tiap hari itu 5SGD untuk transport. Entah itu untuk naik bus atau MRT. Jadi, kalau kalian berencana di Singapore selama 3 hari, Top Up aja EZLink kalian sebesar 15SGD di auto machine tiap tiap stasiun MRT.

*Tips dari Masternim : Isi saldo di 711 akan kena biaya sebesar 0,5SGD atau 50 sen. Tapi, enaknya di 711 bisa Top Up 5SGD aja sedangkan kalo di stasiun MRT minimal harus Top Up 10SGD.

Pasar Tradisional di Singapore
Nah, gue cerita aja untuk pasar tradisional di Singapore. Kesan pertama, pasti nya lebih bersih dari pada pasar Rawamangun hahaha. Walaupun bau amis nya sama, ya nama nya juga pasar yang dijual ikan sama ayam mentah, tapi disini gak becek gak ada ojek juga. Sayuran nya juga seger seger disini, maklum import. Dari mana import nya? Yak betul dari Bandung, Indonesia hahaha. Kalo kalian inget film Petualangan Sherina, si bapaknya Sadam kan punya perkebunan tuh, gue rasa dari kebun nya si Sadam nih #lah #ngalorngidul. Untuk harga, pasti nya lebih mahal dari pasar di Jakarta dan di Indonesia. Bahkan lebih mahal dari Supermarket yakan. Gimana nggak, kentang aja sekilo nya 4SGD.







Setelah keringetan di pasar, rencana nya mau ke Sentosa Island buat foto ala ala. Tapi, rencana tinggal rencana, setelah lewat Bugis, hasrat emak-emak untuk belanja nya muncul, akhirnya bawa gembolan oleh-oleh dan gak jadi ke Sentosa karena bawaan uda banyak banget. Akhirnya gue ke Bugis dan ke Hong Lim Park yang ada di deket Marina Bay. 



Di Bugis Street, karena sudah jam nya makan siang, kita makan Popiah dan sejenis Laksa.






Hong Lim Park (taman buat foto ala ala)
Taman ini bagus, rekomen banget buat yang mau foto ala ala, tamannya sepi dan rumput nya warna ijo nya bagus. Sebenernya ketemu taman ini karena nyasar dari Bugis yang rencana nya mau ke Marina Bay. Karena males jalan lewat MRT, kita coba naik bus aja biar langsung naik gak pake turun ke stasiun MRT. Namun, kelewat stop nya Marina Bay, kita pun turun di stop setelahnya yang pas banget di Ferrer Park Station exit B/C gue lupa. Pas turun, lah kok ada taman keren dan sepi nih, oke banget buat foto-foto, jadi lah kita "mangkal" agak lama disini sebelum akhirnya ujan :(. Untungnya foto uda se-album hahaha. Akhirnya kita ke Chinatown naik MRT. FYI, di Singapore banyak banget taman model kaya gini.




Cara ke Bugis : 
Naik MRT turun di Bugis Station (line biru)

Cara ke Hong Lim Park :
Turun di Clarke Quay MRT Station (line ungu) / naik bus no. 12 (kalo gak salah, ya maap kalo salah ya hahaha) dari Bugis yang ke arah Clarke Quay / Chinatown.

Cara ke Chinatown :
Turun di Chinatown MRT Station (line interchange biru dan ungu), jadi kalian bisa kesini lewat line biru atau ungu.
Setelah sampe di Chinatown, literally bener-bener berasa di Cina alias etnis Cina semua memang isinya dan jalan nya dipenuhi warna merah. Tapi, gak merasa cucok disana, kita memutuskan untuk balik aja ke Tampines. Jam juga uda menunjukkan sekitar jam 6 sore. 

Setelah mandi dan makan, tanpa membuang waktu, malemnya kita lanjut ke Merlion Park untuk liat si Singa Mancur ada lampu dan lagu nya ceunah kalo malem. Kalo dari Tampines, sekitar 30 menit naik MRT (mayan juga kan tuh ya, bisa sambil bobo cantik)








Cara ke Merlion Park :

Naik MRT turun di Raffles Station, setelah keluar station, kalian akan melewati gedung perkantoran beberapa bank multinasional dan Fullerton hotel yang bagus banget subhanallah. Nyebrang ke arah kanan, kalian akan langsung ketemu si SingaKarena itu hari Sabtu, jadi lumayan rame disana. Banyak banget yang foto-foto si Singa atau yang sekedar nongkrong.

Karena uda jam 11an, kita mutusin untuk balik takut ketinggalan MRT maklum perjalanan lumayan jauh ke Tampines. Apalagi mesti nyambung naik bus lagi dari Tampines Station nya. Alhamdulillah masih dapet kereta dan bus nya jadi gak terkuras uang ku ini untuk bayar taksi hahaha.

Total pengeluaran : 19,5SGD
McD di Changi (burger sederhana) = 3SGD
Taksi dari Changi ke Tampines = 11SGD
Isi EZLink Card = 5,5SGD 

Next post, cerita kondangan di Singapore ya klik disini

No comments:

Post a Comment